Tuesday

Sop ikan sayur asin


    Mungkin anda bertanya tanya, masakan apakah ini? Mungkin anda baru pertamakali mendengar sayur asin tersebut.. itu sawi diapain ya? Sayur asin itu bisa dimasak apa saja yaa? Dan mungkin masih banyak pertanyaan di benak anda yang lain? 
Nah kali ini saya akan membahas tentang sawi asin atau yang lebih dikenal dengan sayur asin. Sawi asin/sayur asin biasanya terbuat dari sawi pahit yang difermentasi atau diasinkan dengan cara traditional yaitu biasanya menggunakan air tajin untuk menfermentasi sayuran selama beberapa hari sehingga akan terasa asam. Anda pasti akan teringat makanan  Korea yaitu kimchi juga melalui proses fermentasi sehingga rasanya asam. Lalu sayur asin ini enaknya dimasak apa yaa?? Biasanya sih sayur asin dimasak sup atau kalau di Surabaya biasanya dibuat rujak. Nah kali ini saya akan membagikan resep mudah sangat simple tapi benar benar akan menggoyang lidah anda.. Yuk kita ke resepnya..

Ingredients :

1 bungkus sayur asin kira-kira 350 gr
Ikan kerapu bersihkan bagian perut, fillet potong2 (biasanya saya pake semua karena di bagian tulang masi ada daging ikan tersebut nah cocok banget dibuat sup)
10 buah bawang putih iris kasar
1 ruas jari jahe geprek
Garam dan merica bubuk 1 sdt
(Bole ditambahkan penyedap/MSG jika suka)
2 sdm minyak untuk menumis
700cc air

Directions :

1. Panaskan minyak tumis bawang putih dan jahe sampai harum,
2. Masukkan ikan tumis sebentar lalu masukkan air 700 cc didihkan,
3. Masukkan sayur asin yang telah dipotong2 sebelumnya, didihkan kembali,
4. Bumbui garam (hati2 penggunaan garam secukupnya saja karena sayur asin udah cukup asin) merica dan penyedap.. didihkan hingga sayuran matang kira2 10 menit. Cicipi rasanya,
5. Sajikan dengan nasi hangat

Step by step by mommymichelle